MENGOPERASIKAN E MAIL
PENGERTIAN EMAIL, KELEBIHAN DAN KELEMAHANNYA
SEJARAH EMAIL
Surat elektronik sudah mulai
dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada
hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan. Konsep e-mail
sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer
pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and
Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika. Awalnya Ray bereksperimen dengan
sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan
pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat
membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan
menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa
mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah
awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan
merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”. Pada tahun 1972,
Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan
domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
PENGERTIAN
EMAIL
Surat elektronik (disingkat ratel
atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama
umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel)
adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa
umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko),
tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk
membayar sambungan Internet.
KELEBIHAN
PENGGUNAAN EMAIL
- Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke
kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik
pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim
melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant
Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan
dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan
penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke
luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli
kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan
ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
- Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN
PENGGUNAAN E-MAIL
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
1. Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
ISTILAH DALAM EMAIL Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
3. Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
4. Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
5. Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Cara Menggunakan Email - Login dan Mengirim Email dengan Gmail
Login
Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda
Login dilakukan setiap anda ingin masuk dan membaca/kirim email di akun anda
- Username | Nama Login
- Password | Sandi
- Stay signed in | Tetap masuk (hilangkan tanda bila anda memakai fasilitas umum)
Cara Membaca Email
- Login
- Pilih [klik] Email yang ingin dibaca
- Untuk kembali ke daftar Email awal, atau utk melihat bila ada email terbaru, klik Inbox (Di layanan email lain seperti yahoo, hotmail, dsb, anda harus klik Inbox utk menuju ke daftar email masuk)
Cara Mengirim Email
- Login [bila belum login]
- Pilih [klik] Compose Mail | Buat Surat
- To | Kepada, isi dengan email tujuan
- Cc/Bcc, dikosongi saja - Subject | Perihal, judul, maksud, tujuan dibuatnya surat
- Attachments | Lampiran
- Choose | Pilih file
- Attach more files | Lampirkan file lainnya - Send | klik utk Kirim Surat
- Save draft | utk menyimpan email yg baru dibuat, tapi belum akan dikirim - Discard | Gagal, tidak jadi kirim surat
Menu lainnya
Cara Aman Menggunakan Email
Email adalah fasilitas komunikasi murah meriah, dengan email kita
bisa kirim terima pesan dalam bentuk teks, dokumen hingga file gambar, musik
dan video.
Akan tetapi email kadang disalah-gunakan oleh beberapa pihak untuk dijadikan sebagai sarana iklan promosi yg tidak dikehendaki pemilik email atau email palsu yang berisi program tipuan, email seperti ini biasanya disebut email spam
Berikut adalah cara aman menggunakan email (Tidak hanya email, tips di bawah juga berguna untuk semua jenis akun seperti Facebook, Twitter, Friendster, dsb) :
Akan tetapi email kadang disalah-gunakan oleh beberapa pihak untuk dijadikan sebagai sarana iklan promosi yg tidak dikehendaki pemilik email atau email palsu yang berisi program tipuan, email seperti ini biasanya disebut email spam
Berikut adalah cara aman menggunakan email (Tidak hanya email, tips di bawah juga berguna untuk semua jenis akun seperti Facebook, Twitter, Friendster, dsb) :
- Jangan lupa untuk selalu Log Out atau Keluar setiap selesai menggunakan akun email,
- Hindari memakai fasilitas umum seperti warnet, kantor, sekolah, kampus, dsb... kecuali bila anda tidak memiliki koneksi internet pribadi.
- Jangan ikut atau mendaftarkan email pada program internet yg tidak jelas manfaatnya
- Bila anda mendaftar di situs tertentu dan ditawari untuk menerima informasi/berita yang tidak dikehendaki, sebaiknya jangan ikut, atau hilangkan tanda centang program yg ditawarkan
- Hindari ikut program mailing list atau program berita dan iklan via email, karena hanya akan membuat email anda penuh dengan email spam (sampah)
- Bila akun email anda sering menerima email sampah (Spam), buka email tersebut, klik link unsubscribe di bagian bawah email, bila link unsubscribe tidak ada, klik fasilitas Report Spam di akun anda, biasanya ada di bagian menu sebelah atas atau sebelah kiri
- Hindari menampilkan alamat email di fasilitas umum, seperti forum, situs iklan baris, twitter, facebook, dsb
- Waspadai situs phishing, situs phishing adalah situs palsu yang tampilannya menyerupai situs aslinya, terkadang pemilik situs ini mengirimkan email pada anda, dan mengabarkan ada masalah dengan akun anda serta meminta supaya segera login untuk konfirmasi, jadi... sebelum login, pastikan alamat situs yang anda ketik/browse sudah benar, mis: Gmail.com tidak sama dengan Jmail.com, Facebook.com tidak sama dengan fasebook.com dan tidak sama pula dengan facebok.com
- Setelah selesai menggunakan akun (Email, Facebook, Paypal, dsb), Bersihkan histori dan cache yg tersimpan di brower, caranya; untuk browser Mozilla Firefox - klik tools - Clear Recent History - pilih Everything - Clear Now . Untuk browser lain juga sama, hanya letak menunya yg berbeda.
- Cara yang lebih aman, untuk browser versi terbaru, umumnya sudah dilengkapi dengan fasilitas private browsing dengan fasilitas ini, anda bisa browsing lebih aman, dan data kegiatan anda selama browsing tidak akan tersimpan
- Lengkapi komputer anda dengan antivirus (terbaru), anti-malware (terbaru), dan deepfreeze
Tips-tips di atas berguna untuk menghindari email anda dibajak dan juga supaya tidak dibanjiri email Spam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar